rawabelong.com

Official site

Pasar Bunga Rawabelong

2 min read

Pasar Bunga Rawa Belong berada Jalan Sulaiman, Rawa Belong Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan kotamadya Jakarta Barat.Pasar Bunga Rawa Belong berdiri sejak 25 juli 1989 dengan fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia hanya diperuntukan untuk bunga potong memanfaatkan 0,9 Ha dari luasan 1,4 Ha. Kegiatan di Pasar Rawa Belong dibagi menjadi 2 bagian. Untuk menemukan bunga segar dari petani Sukabumi dan Bandung, Jawa Barat, pengunjung harus datang pada pukul 02.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB dan untuk mendapatkan bunga segar dari petani Sumatera, pengunjung biasanya datang pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan bunga dan tanaman hias di wilayah Provinsi DKI Jakarta  serta menjaga stabilitas harga, maka pada tahun 2004 dibangun gedung pelelangan bunga/tanaman hias seluas 200 m2yang menempati pada areal tanah seluas 1232 m2. Pihak pengelola mengharapkan dengan adanya bangunan gedung lelang bunga/tanaman hias ini, selain mampu meningkatkan volume transaksi bunga/tanaman hias, stabilitas harga, juga mampu mendorong ekslarasi transaksi yang terjadi, sehingga bunga potong yang ditransaksikan dalam kondisi yang masih sangat segar.Wilayah Rawabelong kini menjadi pusat penjualan bunga terbesar di Asia Tenggara, dengan omset berkisar 15-20 milyar per bulan, dan nilai tersebut belum termasuk dengan nilai perputaran uang kegiatan penunjangnya, seperti penjualan pot, busa air, dekorasi pesta hingga rias pengantin

Pasar bunga ini  yang juga dijadikan obyek wisata belanja dan menyajikan bunga lokal dan impor. Jenisnya pun terbilang banyak. Sebut saja, mawar, melati, sedap malam, anggrek, lily, anterium, aster, matahari, dahlia, krisantemum dan lain-lain. Kebanyakan bunga lokal diambil dari luar kota seperti Malang, Sukabumi, Bandung, Cipanas, Tegal, Banten hingga daerah-daerah di Sumatera. Hampir semua yang dibutuhkan untuk keperluan pesta pernikahan, buket bunga, pesta ulang tahun atau hanya untuk hiasan di rumah.

Hari-hari ramainya pengunjung Pasar Bunga Rawa Belong yaitu Kamis, Jumat, Sabtu, menandakan sibuknya Pasar Rawa Belong dan pada akhir minggu yang menjadi hari-hari favorit untuk menyelenggarakan pesta. Pada event-event tertentu terjadi peningkatan penjualan bunga diantaranya seperti pada saat hari Valentine, Imlek, Natal, Ramadhan dan Idul Fitri.

Ada fakta menarik dari kegiatan jual beli bunga di pasar yang beroperasi 24 jam ini, yaitu harga bunga yang bisa berubah setiap jam. Hal itu tidak lepas dari kualitas bunga yang disediakan pedagang yang tiap waktu berubah-ubah. Harga paling tinggi itu ketika pagi, karena bunga baru datang masih segar dan harga yang paling rendah terjadi pada malam hari karena kualitas bunga yang sudah menurun.

Dalam rangka mendukung visi misi Dinas Kelautan dan Pertanian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maka pihak Pasar Bunga Rawa Belong berupaya untuk mencapai visi mereka untuk Unggul dan Prima dalam Pelayanan Agribisinis Bunga dan Tanaman Hias yaitu dengan melaksanakan misi mereka yaitu dengan “Better Performance, Better Service, Better Bussines, and Better Living”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *