rawabelong.com

Official site

Wifi Pineapple

2 min read

Wifi Pineapple Disk disingkat WPD merupakan tools modifikasi yang didalamnya terdapat software Wifi Pineapple MK5. Awalnya WPD merupakan sebuah modem dan powerbank portable merk Airdisk yang di ganti firmwarenya menggunakan firmware Wifi Pineapple MK5. Wifi Pineapple sendiri merupakan tools yang biasa digunakan untuk audit jaringan wireless, didalamnya terdapat berbagai tools hacking yang disebut Infusion.

Wifi Pineapple sendiri merupakan sebuah firmware hacking yang dikembangkan oleh orang-orang diluar sana yang fungsinya untuk melakukan penetrasi / audit jaringan wireless. Fitur utama yang terdapat pada Wifi Pineapple adalah KARMA, yaitu sebuah software yang berfungsi menangkap semua probe request dari device yang wifinya dihidupkan. Singkatnya, setiap device yang memiliki wifi, biasanya telah memiliki daftar jaringan yang telah terkoneksi sebelumnya dan biasanya juga, kebanyakan dari mereka diset ke mode Auto-Connect. 

Nah disinlah KARMA bekerja gan, dia akan menangkap semua probe request dari setiap device yang ada didekatnya untuk kemudian menduplikasi / seolah-olah menjadi akes point yang telah terdaftar di device target. Daaannnn, jika sudah seperti ini, device target dengan senang hati terkoneksi dengan acces point kita dan menganggap sedang terkoneksi dengan akses point yang telah dikenali sebelumnya 

Apakah cukup sampai disini.? Oh jelas tidak gan, proses diatas hanyalah sebuah awal dari berbagai tahapan hacking wireless yang akan dilakukan, jika device target telah terkoneksi dengan Wifi Pineapple, banyak hal yang bisa dilakukan kepada target, seperti Phising, Sniffing, Hijacking dll. Biasanya yang paling sering dilakukan adalah Sniffing dengan bantuan Infusion SSLSTRIP / SSLSPLIT.

Diatas adalah gambaran umum tentang Wifi Pineapple gan, sekarang kita masuk ke jenis-jenis Wifi Pineapple.
Seperti kebanyakan teknologi, Wifi Pineapple terus berevolusi untuk menjadi lebih baik, berbagai versi telah dikembangkan mulai dari Wifi Pineapple MKII, MKIII, MKIV, MKV hingga sekarang Wifi Pineapple Nano dan Tetra.

Dari berbagai versi Wifi Pineappple diatas, semua menggunakan sumber energi / power dari luar, berbeda dengan Wifi Pineapple Disk(WPD) yang telah dilengkapi baterai dengan kapasitas 6000maH, jadi untuk menjalankannya tidak perlu menggunakan sumber power dari eksternal dan juga dengan ukuran yang lebih kecil. Inilah alasan WPD disebut The Wonderful Hacking Tools.

Sumber : Kaskus dan Onno Center Youtube Channel.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *